Anda pernah membaca koran? Pasti pernah. Siapa sih zaman
sekarang yang tidak pernah baca koran? Walau tidak setiap hari, tapi kita pasti
pernah membacanya. Saat anda membaca koran halaman mana yang anda baca lebih
dulu? Depan? Belakang? Atau halaman tengah? Kebanyakan orang membaca pasti dari depan ya? Karena kita
biasanya mencari tahu headline lebih dulu. Di dalam headline inilah letak
informasi yang terpenting hari itu. Ya… setidaknya dengan membaca judul
headline kita tahu apa yang sedang “hot” hari ini.
Sekarang kita akan bicarakan headline. Bukan headline
koran, tapi headline sales letter untuk situs web affiliate. Kita sebut saja
headline ini kepala tulisan. Sebenarnya bukan cuma sales letter yang perlu
headline. Di setiap halaman web kita juga perlu kepala tulisan untuk mengawali
seluruh isi halaman.
Sama seperti headline dalam surat kabar, headline di sini
juga berisi informasi terpenting dalam sales letter atau halaman web anda. Dan
letaknya juga di atas (namanya saja head (kepala). Headline inilah yang berfungsi
menarik perhatian pengunjung pertama kali.
Headline ini harus menarik! Supaya pengunjung jatuh cinta
dengan sales letter kita sejak pandangan pertama. Apalagi anda sedang
memasarkan produk. Dengan sales letter yang menarik, pengunjung akan berminat
membeli.
So, sebagai affiliate marketing, anda harus jeli memilih
headline yang paling tepat. Ok…di bawah ini tipe headline yang bisa anda
gunakan untuk sales letter.
1. News Headline
Headline semacam ini berisi informasi yang belum pernah pengunjung ketahui. Biasanya headline jenis ini digunakan untuk mengenalkan produk terbaru yang belum pernah ada. Atau setidaknya belum diketahui orang banyak. Misal, sales letter untuk produk mesin fotocopy warna.
Headline semacam ini berisi informasi yang belum pernah pengunjung ketahui. Biasanya headline jenis ini digunakan untuk mengenalkan produk terbaru yang belum pernah ada. Atau setidaknya belum diketahui orang banyak. Misal, sales letter untuk produk mesin fotocopy warna.
2. Promise Headline
Headline jenis ini menjanjikan sesuatu pada pengunjung jika mereka mengikuti anjuran yang anda berikan. Misal seperti kalimat, “Segera gabung dan klik join now. Anda akan dapat ebook gratis.!”
Headline jenis ini menjanjikan sesuatu pada pengunjung jika mereka mengikuti anjuran yang anda berikan. Misal seperti kalimat, “Segera gabung dan klik join now. Anda akan dapat ebook gratis.!”
3. Selective Headline
Anda bingung apa maksudnya selective headline? Ya, selective headline berarti memilih pengunjung. Headline ini langsung mengarah pada kelompok pengunjung tertentu. Tidak berlaku untuk semua pengunjung. So, dengan kata lain, headline ini khusus untuk sales letter yang produknya memiliki pangsa pasar tertentu.
Anda bingung apa maksudnya selective headline? Ya, selective headline berarti memilih pengunjung. Headline ini langsung mengarah pada kelompok pengunjung tertentu. Tidak berlaku untuk semua pengunjung. So, dengan kata lain, headline ini khusus untuk sales letter yang produknya memiliki pangsa pasar tertentu.
Misal, “perawatan istimewa bagi anda yang mempunyai masalah
dengan kesuburan rambut indah anda.”
Kekurangan sales letter ini tidak menjaring semua
pengunjung. Jadi bagi mereka yang tidak punya masalah dengan kesuburan rambut
tidak akan membaca sales letter anda lebih lanjut.
4. Curiosity Headline
Tujuan headline ini sebagai pemancing minat pengunjung agar tertarik membaca sales letter anda lebih lanjut. Atau dengan kata lain headline jenis ini mampu membuat pengunjung penasaran.
Tujuan headline ini sebagai pemancing minat pengunjung agar tertarik membaca sales letter anda lebih lanjut. Atau dengan kata lain headline jenis ini mampu membuat pengunjung penasaran.
Contoh, “cara aman mengatasi insomnia.” Meski tidak semua
orang mengalami insomnia, tapi banyak yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi
kesulitan tidur. Karena, sesekali dalam hidup seseorang pasti pernah mengalami
kesulitan tidur. Apalagi bagi mereka yang hidup penuh dengan tekanan pekerjaan
atau sering mengalami stress.
Nah, apa anda sering stress? Semoga tidak ya.
5. Demand Headline
Biasanya produk dari headline jenis ini bisa menarik semua pengunjung. Ya, pangsa pasarnya lebih luas. Seperti apa?
Biasanya produk dari headline jenis ini bisa menarik semua pengunjung. Ya, pangsa pasarnya lebih luas. Seperti apa?
Misal, “Bagaimana mendapat uang dengan cara mudah? Di sini
jawabannya!” semua orang pasti tertarik dengan sales letter demikian. Siapa
yang tidak ingin mudah mendapat uang? Nah, kalau banyak pengunjung yang
penasaran dengan cara mendapat uang dengan mudah, berarti sales letter ini
berhasil.
Yupp!! Headline ini biasanya menjawab ambisi banyak orang.
Tapi, hati-hati dengan pilihan kata yang anda gunakan. Sebaiknya, jangan
gunakan kata-kata yang berlebihan. Nanti pengunjung malah lari dari situs web
anda. Karena, mereka susah percaya dengan kata-kata yang “selangit”.
Pembagian jenis headline ini tidak bertujuan mengikat
kreativitas anda. Anda boleh juga kok menggabungkan jenis-jenis headline ini
(headline hybrid). Selama penggunaanya efektif untuk sales letter produk,
penggabungan ini sah-sah saja.
Oya, ada satu hal lagi yang perlu anda perhatikan dalam
membuat headline. Jangan menulis headline menggunakan huruf besar semua.
Karena, penulisan dalam huruf besar bisa mengurangi minat pengunjung dalam
membaca sales letter. Anda boleh menggunakan huruf besar untuk kata-kata
pilihan dan sifatnya penting.
Disarikan dari FormulaBisnis No. 1 di Indonesia
No comments:
Post a Comment