01 March 2012

Resume singkat; Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW "The Super Leader Super Manager"

Buku Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW "The Super Leader Super Manager" terdiri dari 8 Jilid buku yang mengupas secara lengkap dan detail segi leadership dan majemen setiap sendi kehidupan rasulullah semasa hidupnya. Buku ini dikarang oleh DR Muhammad Syafii Antonio, M.Ec dan dilaunching pada tahun 2010. Berikut ulasan tentang buku tersebut;

Jilid 1 : Kepemimpinan & Pengembangan Diri ( Self Leadership & Personal Development)  
Rasulullah SAW adalah seseorang yang mampu mengembangkan diri dan mengatasi berbagai persoalan hidup dengan luar biasa. Ia terlahir yatim, usia 6 tahun yatim piatu dan diasuh sang kakek. Usia 8 tahun sang kakek pun
meninggal dan dititipkan ke sang paman yang relatif miskin. Dalam usia di bawah 10 tahun ia harus mengais nafkahnya sendiri menjadi pengembala, mencari kayu bakar, buruh batu dan pasar dan menjadi pekerja serabutan bagi penduduk Mekkah. Hingga akhirnya menjadi pengusaha tangguh nyaris tanpa modal. Bagaimana Muhammad SAW muda melakukan semua itu ?


Jilid 2 : Bisnis & Kewirausahaan ( Business & Entrepreneurship) 

Rasulullah SAW adalah model sukses bisnis. Ia membangun jiwa entrepreneurship, memulai bisnis dan minim modal, membangun kepercayaan para investor, menjelajahi pasar-pasar regionala jazirah  arabia. Nabi menetepkan kebijakan politik ekonomi yang mampu menopang berkembangnya peradaban baru. Ia membangun Baitul Mal (Federal Reserve) dan mengadopsi mata uang anti inflasi. Ia menyatakan perang terhadap korupsi seraya mendorong kratifitas dan inovasi dalam berbagai bidang industri dan perdagangan global. Ia mengajarkan ummatnya untuk hidup kaya dalam taqwa, zuhud dalam keberlimpahan. Bagaimana itu semua dilakukan Muhammad SAW ?

Jilid 3 : Menata Keluarga Harmonis ( Managing A Harmonious Family) 

Salah satu sisi kehidupan Rasulullah SAW yang paling banyak disalah famahi adalah asfek kehidupan keluarganya. Kita jarang mengkaji berapa usia rasul saat menikah lagi, bagaimana kondisi ekonomi janda-janda tua yang dinikahi Nabi, berapa jumlah anak bawaan janda tersebut, bagaimana dampak dakwah dan kemenangan sosial politik yang ditimbulkan. Bagaimana rasul menjadi kakek teladan, suami yang bijak sana, ayah idaman, serta mertua penuh pengertian. Ia menyapu rumahnya sendiri, menjahit pakaian yang robek dan menyiapkan masakan di dapur.



Jilid 4 : Manajemen Dakwah ( Dakwah Management)
Jumlah kaum muslimin yg tidak kurang dari 1,3 Milyar orang yang tersebar di seluruh penjuru dunia adalah bukti yg tidak terbantahkan dari sukses dakwah Rasulullah SAW. Ia mengajak ummat manusia menempuh jalan hidayah, jalan yang lurus, lempang dan terang benderang. Ia mengajar manusia untuk memikirkan makna dan tujuan hidup. Apa yang dilakukan tatkala masih hidup dan bekal apa yang akan dibawa ketika hidup sudah berakhir. Di atas itu semua a mengajarkan dunia tentang kebebasan beragama ia mengajarkan hidup rukun dan toleransi dengan pemeluk agama lain. Bagaimana pola manajemen dakwah Muhammad SAW ?

Jilid 5 : Kepemimpinan Sosial & Politik ( Social & Political Leadership)
Masyarakat madinah adalah masyarakat yang kompleks dan heterogen. Di Kalangan muslim ada kaum muhajirin dan ashor bahkan tidak sedikit juga yang munafik di bawah pimpinan Abdullah bin Ubay bin Salul. Di kalangan non muslim ada yang menganut paganisme, Nasrani dan yahudi. Kaum paganisme memiliki rajanya sendiri Ka’ab bin Ashraf. Yahudi pun bersuku-suku seperti bani Quraizah dan bani Qainuqa’. Dengan piawai Rasulullah SAW menciptakan keharmonisan di Madinah. Dan di sini pula diterbitkan Piagam Madinah yg menginspirasi dunia hingga saat ini.

Jilid 6 : Sang Pembelajar & Guru Peradaban ( Learner & Educator)
Rasulullah SAW adalah sang pembelajar sejati dan guru besar peradaban dunia. Meski tumbuh di kalangan yang miskin praktek baca tulis, Rasulullah adalah pembelajar yang cepat. Ia belajar dari pasar, teman-teman, perjalanan dagang dan dari alam. Nabi mengajarkan mulianya ilmu dan manfaatnya untuk dunia dan akhirat. Belajar baru membuahkan hasil jika ada story telling, analogy & case study, body language, self reflection, focus & point basic dan affirmation & repepetion.

Jilid 7 : Pengembangan Hukum ( Legal Development) 

Mahkamah Agung Amerika Serikat (Supreme Court) memberikan pengakuan dan penghormatan kepada nabi Muhammad SAW sebagai salah satu dai 18 Law Giver terbersar sepanjang sejarah bersama Hammurabi, Julius Caesar, Justinian dan Charlemagne. Sistem hukum yang diajarkan Muhammad SAW juga mencerminkan bahwa hukum Islam itu syamil (menyeluruh) jalb al mashalih (mengedepankan kemaslahatan), tadarruj (unsur pentahapan) dan qilatu taklif (tidak memberatkan). Ia bersifat murunah (fleksibel) wasatiyah (moderasi), serta penuh keadilian.

Jilid 8 : Kepemimpinan dan Strategi Militer ( Military Strategy & Leadership)
Selama 10 tahun mempertahankan kedaulatan Islam, Rasulullah telah memimpin tidak kurang dari 9 perang besar dan mengatur 53 ekspedisi militer. Tetapi  dalam interaksi militer yang luar biasa besar dan panjang itu korban jatuh hanya 379 jiwa saja. Jauh di bawah  15.323.100 jiwa pada PD 1 dan 62.537.400 jiwa pada PD 2. Muhammad SAW mengajarkan bahwa strategi harus diawali dengan musyawarah, selalu waspada, tidak mudah marah, bersikap adil kepada semua pasukan, mengapresiasi yang berprestasi dan meminimalisir jumlah korban. Perang bukanlah untuk menumpas manusia tetapi menyingkirkan sebagian orang yang menjadi penghalang kebenaran.


buku Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW “The Super Leader Super Manager” tidak tersedia di website download mana pun. Kami sarankan untuk membeli bukunya yang dijual dalam 1 set (8 jilid) Rp 3.125.000,- disc 20% Rp 2.500.000,- Spesifikasi buku: hard cover, isi + 2.200 hal, kertas matte paper 150gr, berat +15Kg, kemasan eksklusif dilengkapi dgn gambar dan diagram. Hubungi ISMAIL HERMANA 0813-9202-2900. Dapatkan GRATIS bea kirim 100rb. Melayani pengiriman ke seluruh pelosok Indonesia.
 

No comments:

Post a Comment