01 March 2012

Ciri-ciri Madu Asli

Tidak diragukan lagi bahwa dari segi medis madu kaya akan manfaat. Bahkan Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa madu adalah obat dari segala macam penyakit. Dipasaran banyak dijual madu murni, madu campuran dan bahkan madu asli tapi palsu. Madu yang terbaik adalah madu murni tanpa ada campuran apapun.

Sebagian orang ada yang bisa membedakan antara madu asli atau palsu, namun sebagian lainnya merasa kesulitan untuk membedakannya. Berikut ini saya akan sharing pengalaman saya dan beberapa teman saya dalam menguji madu asli ;




  1. Tuangkan madu ke dalam sendok makan. Lalu anda siapkan dan nyalakan lilin. Taruh sendok tersebut di atas api lilin (kaya mau ngerebus). Madu yang asli akan mendidih tanpa meluber sedangkan madu yang sudah dicampur cenderung akan meluber.
  2. Celupkan batang korek api ke dalam madu, lalu gesekkan ke kerekannya. Jika madu tersebut murni, maka akan tetap bisa hidup. Dan sebaliknya jika tidak, maka kemungkinan madu tersebut sudah campuran.
  3. Madu asli tidak bakal dikerubungin semut.
  4. Madu asli telur bisa mateng jika dimasukkan ke dalam madu. 
Mungkin masih banyak cara lainnya untuk menguji kemurnian madu. Kalo kawan-kawan punya pengalaman silakan dibagi..Moga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment